Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Sabtu, 19 Februari 2011

Michael Jackson Dalam Kenangan

Michael Jackson

Michael Jackson pada tahun 1984 dengan menunjukan tangannya
Latar belakang
Dilahirkan dengan nama Michael Joseph Jackson
Meninggal 25 Juni 2009, Los Angeles, California/7 Mei 1988 karena dibunuh(masih issu)
Genre Pop
R&B
Rock
Soul
Pekerjaan Penyanyi
Penulis lagu
Produser rekaman
Komponis
Penari
Koreografer
Aktor
Pengusaha
Instrumen Vokal
Multi-instrumentalis
Perkusi
Tahun aktif 1967–2009
Label Motown
Epic
Sony
Dipengaruhi oleh The Jackson 5 / The Jacksons
Situs web www.michaeljackson.com

Michael Joseph Jackson (lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 – meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 25 Juni 2009 pada umur 50 tahun)[1] adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai "King Of Pop" dan memopulerkan gerakan dansa "Moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Ia mulai karier bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi The Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada tahun 1971. Sebagai anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia membuat debut di musik profesional pada umur 11 tahun sebagai anggota dari Jackson 5.
Pada awal tahun 1980-an, dia menjadi figur yang sangat dominan dalam musik pop and musisi Afrika-Amerika pertama yang mempunyai crossover kuat di MTV. Popularitas dalam musiknya menanjak saat ditayangkan di MTV, antara lain "Beat It", "Billie Jean" dan Thriller dianggap telah mengubah video klip menjadi sebuah bentuk karya seni dan sebagai alat promosi untuk memopulerkan sebuah channel tv. Video-video seperti "Black or White" dan "Scream" membuat Jackson menjadi andalan utama MTV pada tahun 1990-an. Lewat penampilan panggung dan video-video klipnya, Jackson memopulerkan sejumlah teknik menari seperti robot dan moonwalk. Suara dan gaya vocal Jackson mempengaruhi dan diikuti oleh banyak penyanyi hip hop, pop dan R&B.
Penghargaan - penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records—termasuk thriller sebagai album terlaris di dunia— 13 Grammy Awards, 13 buah single nomor 1 dalam solo kariernya dari musisi pria lainnya dalam Hot 100 era—dan penjualan 750 juta unit di seluruh dunia. Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan kariernya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. dalam beberapa tahun dia sering disebut-sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

Kematian

Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles pada hari Kamis, 25 Juni 2009, Pukul 14:26 Waktu setempat. Ia tidak sadarkan diri setelah mengalami gagal jantung (cardiac arrest). Ia diduga mengalami gagal jantung sesaat setelah diberi suntikan demerol. Berita kematian Michael Jackson tersebar cepat di internet. Banyak situs web yang kewalahan menangani pengguna internet yang ingin mencari Informasi tentang kematian Jacko. Google sempat mengalami gangguan karena begitu banyaknya kata kunci "Michael Jackson" yang dimasukan. AOL Instant Messenger juga sempat mengalami gangguan selama 40 menit karena banyaknya pengguna yang menginformasikan kematian Jacko lewat AOL Instant Messenger, dan dikabarkan juga Jacko hanya perpura - pura mati karena hutang semasa hidupnya dan ada video Jakco turun dari sebuah suatu ambulans.
http://id.wikipedia.org

Dua Jembatan Putus Diterjang Banjir


BANTARKAWUNG - Dua jembatan utama di Kecamatan Bantarkawung yang berada di Desa Sindangwangi putus menyusul terjadinya banjir basar di Sungai Cikeruh, Kamis (17/2). Dua jembatan terebut yakni jembatan Cacaban yang menghubungkan Desa Pangarasan dan Kebandungan menuju pusat pemerintahan Kecamatan Bantarkawung. Kemudian jembatan Cikeruh sebagai jembatan di jalur poros tengah kabupaten antara Bantarkawung-Ketanggungan.
Menurut Camat Bantarkawung Edi Sudarmanto SIP, akibat putusnya jembatan Cacaban, sebanyak 16.000 jiwa yang berada di Desa Pangarasan dan Desa Kebandungan tidak dapat lagi mengakses keluar wilayah desa.
"Jembatan putus sekitar pukul 17.30 WIB menyusul banjir besar setelah hujan lebat terjadi semenjak pukul 16.00 WIB. Terjangan air sungai menggerus kedua sisi sayap jembatan yang akhirnya merobohkan badan jembatan," terang Edi ditemui di lokasi jembatan Jumat (18/2).
Sebagai upaya tanggap darurat, warga dari tiga desa masing-masing Desa Sidangwangi, Pangarasan dan Kebandungan dibantu petugas pemerintah kecamatan dan desa berupaya membuat jembatan darurat untuk membuka akses bagi masyarakat.
Selain menghambat aktivitas warga keluar daerah, putusnya jembatan sepanjang 15 meter dengan lebar 3 meter tersebut juga menjadikan kendala bagi pendistribusian hasil pertanian dari Desa Pangarasan dan Kebandungan. Sejumlah truk maupun kedaraan pengangkut hasil bumi tampak tertahan di bagian sisi jembatan. Sementara warga yang akan melintasi jembatan turun ke dalam sungai untuk menyeberanginya.
"Kondisinya benar-benar putus, tidak dapat dilalui baik oleh kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Sehingga untuk sementara warga turun kesungai untuk menyeberanginya, upaya yang dilakukan hari ini kita adalah membuat jembatan darurat," kata Edi.
Kondisi tidak jauh berbeda juga terjadi di jembatan Cikeruh yang masih berada di wilayah Desa Sindangwangi dan merupakan aliran sungai yang sama dengan jembatan Cacaban. Jembatan sepanjang 8 meter dengan lebar 3 meter itu patah pada bagian kedua sisinya menyebabkan posisi badan jembatan dalam kondisi miring.
"Masyarakat berupaya menutup patahan jembatan dengan menggunakan tanah, sehingga dapat dilintasi oleh sepeda motor. Sementara untuk kendaraan roda empat belum dapat melintas karena kondisi jembatan yang miring," jelas Edi.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang (TR) Kabupaten Brebes dikonfirmasi melalui Kepala UPTD PU dan TR Kecamatan Bantarkawung Yurisman mengatakan, jembatan Cacaban dibangun 12 tahun yang lalu melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).
"Semenjak itu dilakukan pemeliharaan dan penyempurnaan berada di ruas jalan Kabupaten Bantarkawung-Kebandungan. Penanganan sementara kita upayakan pembangunan jembatan darurat di sisi jembatan dengan perkiraan biaya sekitar Rp 50 juta," jelasnya. (pri).radartegal

Mengenal Sistem pencernaan Pada Tubuh Kita


Sistem pencernaan (bahasa Inggris: digestive system) adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.
Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi di sepanjang saluran pencernaan (bahasa Inggris: gastrointestinal tract) dan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus.
Digestive system diagram numbered.svg Diagram sistem pencernaan
  1. Kelenjar ludah
  2. Parotis
  3. Submandibularis (bawah rahang)
  4. Sublingualis (bawah lidah)
  5. Rongga mulut
  6. Esofagus
  7. Pankreas
  8. Lambung
  9. Saluran pankreas
  10. Hati
  11. Kantung empedu
  12. duodenum
  13. Saluran empedu
  14. Kolon
  15. Kolon transversum
  16. Kolon ascenden
  17. Kolon descenden
  18. Ileum
  19. Sekum
  20. Appendiks
  21. Rektum
  22. Anus
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pencernaan

Belajar Menghargai Orang Lain

 Kata orang sih agak sulit menghargai orang lain. Bisa jadi pendapat ini benar. Karena secara fitrah, manusia selalu ingin “dihargai”, bukan “menghargai”. Artinya, manusia itu benar-benar egosentris. Dia selalu ingin “difahami”, namun jarang sekali berusaha untuk “memahami”. Akibatnya, berat untuk hormat dan menghargai orang lain.

Dalam Islam, sikap menghargai orang lain merupakan identitas seorang Muslim sejati. Seorang yang mengakui dirinya Muslim, ‘wajib’ mampu menghargai orang lain. Baginda Rasulullah SAW menjelaskan, “Tidak termasuk golongan umatku orang yang tidak menghormati mereka yang lebih tua dan tidak mengasihi mereka yang lebih muda darinya, serta tidak mengetahui hak-hak orang berilmu.” (HR. Ahmad).

Menghormati Orangtua…
Siapa saja, yang penting orangtua. Bisa jadi orangtua kita sendiri: ayah dan ibu kita. Atau orang lain: tetangga, kakak, senior di kampus, senior di madrasah, dlsb. Orang yang terbiasa menghargai orang lain adalah indikasi etika (moral) yang baik. Orang yang tidak mau hormat dan menghargai orang yang lebih tua darinya, diancam ‘keluar’ dari koridor Islam. Ia tidak akan dianggap sebagai umat Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Na‘udzu billah min dzalik!

Menyayangi Orang Muda…
Orangtua wajib menyayangi anak-anaknya. Ini adalah naluri kemanusiaan. Kita seharusnya meniru sikap orangtua kita yang menyayangi kita. Sehingga, kita bisa menjadi pengayom orang yang lebih muda dari kita. Bisa jadi adik kita, junior di sekolah atau di kampus. Atau bisa jadi anak tetangga yang lebih muda dari kita. Kita harus bisa menimbulkan rasa rahmat (kasih-sayang) kita kepada mereka.

Orang yang lebih tua tidak boleh mencerca atau menghina juniornya. Begitu juga sebaliknya. Orang yang suka mencerca dan mencela serta menghina saudaranya mengindikasikan bahwa dia juga sebenarnya “orang hina”, tidak terhormat. Abu Hurairah ra menuturkan bahwa Nabi SAW pernah bersabda, “Hanya orang burung yang menghinakan saudaranya sesama Muslim.” (HR. Muslim).

Menghargai ‘Ulama’…
Mereka adalah waratsatul anbiyâ’, kata Baginda Rasul. Pewaris para nabi. Mereka mewarisi tugas para nabi: [1] menyampaikan ilmu dan [2] menyampaikan risalah Allah. Maka mereka ‘wajib’ untuk dihormati. Para ulama pun sepakat bahwa ulama yang benar (ilmu dan amalnya) dagingnya ‘haram’ dimakan. Artinya, kehormatannya tidak boleh dicederai. Apalagi jika sampai dicaci-maki. Menurut Abu Hamid al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulum al-Din, ulama itu terbagi dua: [1] ulama yang baik (ilmu dan amalnya) dan [2] ulama su’ (jelek atau buruk ilmu dan amalnya). Ulama model kedua ini lah yang tidak layak dihormati dan dihargai.

Menghargai orang lain sebenarnya ‘kunci’ pemikat qalbu. Sehingga orang lain juga terpikat untuk menghargai kita. Tidak ada yang sulit sebenarnya, jika semuanya dikembalikan ke qalbu masing-masing. Jika selama ini kita merasa –selalu–ingin dihormati dan dihargai, di lembah yang sama, orang lain juga ingin diperlakukan demikian. Dengan begitu, egoisme tidak akan muncul. Yang lahir adalah ‘simbiosis mutualisme’: saling hormat-menghormati, saling harga-menghargai. Itu lah ciri dan identitas umat Nabi Muhammad SAW. Maka belajarlah untuk menghargai orang lain!

([http://alqassam.wordpress.com / http://qosim-deedat.blogspot.com])

Hari Gini Curiga…. Apa Kata Dunia?

 Bahwasanya kecurigaan itu adalah absah saja, paling tidak secara ilmiah. Teoritikusnya ada tiga orang: Karl Marx, Sigmund Freud dan Friederich Nietzsche. Yang pertama mengajarkan pentingnya curiga pada kendali sitem ekonomi yang eksploitatif, yang kedua memberitahukan pentingnya curiga pada sistem psike tak sadar, dan yang terakhir pentingnya kecurigaan pada fondasi metafisis yang tidak jujur. Sementara itu, muncul lagi orang lain, Jurgen Habermas, yang memberi warna baru terhadap apa yang kita sebut curiga. Warna baru itu dia sebut “kritis”. Sayang, tidak mudah menjabarkan apa itu kritis. Tapi yang jelas, kritis adalah warna lain kecurigaan.

Hari ini menjadi relevan kata peribahasa, Karena nila setitik, rusak susu sebelanga, dimana kesalahan satu orang dalam sebuah tim dapat menjatuhkan kekompakan seluruh angota tim.
Hal itu nampak berlaku, pada suasana kerja di Direktorat Keberatan dan Banding Direktorat Jenderal Pajak pada Kementerian Keuangan tidak lagi nyaman. Rekan-rekan Gayus Tambunan tetap masuk kerja, tetapi saling mencurigai satu sama lain. Pekerjaan pun terhambat karena semua atasan Gayus di Direktorat Keberatan dan Banding telah dibebastugaskan. (sumber : cetak.kompas.com, Kamis, 1 April 2010).
Merebaknya kasus makelar pajak Gayus Tambunan menimbulkan keresahan besar di kalangan pegawai pajak. Banyak di antara mereka yang kecewa, marah dan sakit hati dengan ulah Gayus Tambunan.
Bahkan menyakitkan “….peristiwa yang menimpa karyawan pajak yang memakai seragam Ditjen Pajak karena hari terakhir penyerahan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak pada Rabu kemarin, 31 Maret 2010. “Saat dia turun dari kereta KRL Jabodetabek, diteriaki maling oleh penumpang kereta,” kata Pandu. Tentu saja karyawan itu menangis karena dia merasa tidak berbuat buruk seperti Gayus. (sumber : VIVAnews, Kamis, 1 April 2010).
Ini adalah sebuah konsekuensi, masyarakat beranggapan, semua pegawai pajak kelakuannya sama dengan Gayus. Cerita lainnya adalah orang tua di kampung yang marah-marah pada anaknya setelah menonton televisi tentang Gayus Tambunan. Orang tua tersebut merasa tidak enak dengan tetangga karena anaknya bekerja di Ditjen Pajak. Bapaknya kemudian menelepon sang anak di Jakarta karena dia juga golongan IIIA seperti Gayus Tambunan. Bapaknya curiga jangan-jangan anaknya berbuat buruk seperti Gayus. “Apakah kamu koruptor seperti Gayus,” kata dia menirukan curhat anak buahnya. (sumber : www.matabumi.com,
Bayangkan seorang pegawai Ditjen Pajak yang baru berkarir 5 tahun, berumur 30 tahun dan digaji hanya 12 juta perbulan telah dapat memiliki beberapa rumah mewah dan mobil mewah. Dan terakhir ditemukan aliran dana ke rekeningnya senilai Rp 25 miliar.

Timbul Penyakit


Sudah dari sana menggelinding dunia terasa indah dengan adanya persaingan, dalam bidang apapun persaingan pasti terjadi. Mulai dari proses penciptaan kita sampai ajal menjemput, persaingan selalu terjadi, dalam diri kita saja selalu terjadi persaingan, persaingan antara malas dan rajin,persaingan antara baik dan buruk, persaingan antara optimis dan pesimis, dan jutaan persaingan lainya.
Di zaman modern yang penuh dengan persaingan, terutama di kota-kota besar, kehidupan terasa berat untuk ditempuh. Ketatnya persaingan hidup dan budaya yang mengedepankan materi membuat seseorang bisa stress dan merasa tertindas.
Banyak orang yang merasa tertindas oleh kondisi, ia penuh curiga. Apa yang dilakukan orang lain selalu dipandang negatif. “Jangan, jangan …” Kalimat itu yang selalu terbayang jika ada orang mendatanginya. Contoh penyakit terjangkiti sekarang ini di masyarakat sendiri telah berkembang stigma negatif dengan pegawai pajak. Dengan kondisi seperti ini sikap sebagian masyarakat tidak bisa dipersalahkan. Hanya transparansi dan mekanisme monitoring yang bisa dipertanggungjawabkan secara rasional yang bisa menjamin kalau pegawai pajak tidak semuanya konyol. Kalau
semua masih tertutup dengan arogansi kekuasaan seperti sekarang ini, orang pasti akan terus curiga dan tentunya serta merta jangan salahkan masyarakat.
Namun perlu diingat, menurut optik kesehatan, bahwa kecurigaan berlebihan bahkan bisa menimbulkan penyakit jiwa. Dalam sebuah cerita dari negeri Cina dikisahkan ada seorang wanita yang sudah sangat tua menderita penyakit yang lama tidak sembuh-sembuh. Dalam penderitaannya di tempat tidur tiba-tiba ia merasa orang-orang akan membunuhnya. Setiap sang suami atau anaknya menyediakan bubur ia merasa akan diracun. Ia beranggapan karena sakitnya tidak sembuh-sembuh, barangkali keluarganya menganggap sebagai beban terutama masalah financial. Daripada menyusahkan lebih baik “diselesaikan” saja. Padahal diantara keluarganya tidak ada yang beranggapan seperti itu. Kecurigaan seperti itu tentu sudah amat parah. Wanita tadi sudah sampai pada penyakit jiwa. Padahal sebetulnya, kecurigaan tersebut terbangun atas sikap hidupnya sendiri selama ini yang meterialistis. Ia menganggap segala sesuatu dinilai dengan uang, dengan untung rugi. Ia menganggap keluarganya akan rugi jika mengeluarkan uang terus-menerus untuk mengobatinya, padahal ia tidak sembuh-sembuh. (sumber : www.palgunadi.com, - 2010).
Hidup penuh dengan kecurigaan itu sangat melelahkan.. padahal asumsi kita saat itu belum tentu benar.. sehingga hal itu bisa menjadi sumber sebuah pertengkaran.


Penyakit Di Antara Kita

Diantara sifat curiga yang ekstrem tersebut banyak juga terjadi diantara kita, terutama yang tinggal di wilayah perkotaan sekarang ini, banyak mengidap penyakit curiga yang berlebihan. Seseorang yang selalu curiga biasanya didasari oleh pengalaman yang kurang baik sebelumnya.
Lebih berbahaya-Nya lagi muncul sifat kurang baik yang lebih tinggi dari kecurigaan adalah apatis. Apa yang dilakukan oleh orang lain sudah tidak dianggap olehnya. Ia sudah menutup jalan bagi dialog, sudah tidak mau bercampur tangan dengan yang lain. Ia orang yang apatis. Ia tidak saja cuek, tapi sama sekali tidak menghiraukan. Perasaannya tanpa emosi, lesu, dan impasif. Apa yang dikerjakan orang terhadapnya tidak membuatnya tertarik. Ia malah acuh tak acuh.
Biasanya orang yang seperti ini mempunyai pengalaman buruk yang sulit hilang dari kenangan. Ia begitu shock dengan pengalaman buruknya itu sehingga ia apatis tidak saja menghadapi pengalaman yang sama namun juga kejadian apa saja.
Orang apatis semacam ini agak susah diobati. Bagaimana akan mengobati kalu mendekat saja ia sudah tidak mau menerimanya. Ketika kita menyampaikan penjelasan, kita memberikan perhatian. Jauh-jauh pintu sudah ditutup olehnya, sebelum kita menemuinya. Padahal kita bermaksud baik.
Apatisme adalah kata serapan dari Bahasa Inggris, yaitu apathy. Kata tersebut diadaptasi dari Bahasa Yunani, yaitu apathes yang secara harfiah berarti tanpa perasaan. Sedangkan menurut AS Hornby dalam Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English:  apathy is an absence of simpathy or interest. Dari definisi-definisi di atas, maka dapat ditarik satu benang merah definisi apatisme, yaitu hilangnya simpati, ketertarikan, dan antusiasme terhadap suatu objek.
Puncak dari semua ini adalah melakukan permusuhan kepada siapa saja. Ketertekanan kehidupannya oleh situasi membuat ia mudah tersinggung dan melakukan perlawanan. Hanya karena sebab-sebab kecil, langsung emosinya meluap dan mengajak berantem. Bagi masyarakat kota, akan mudah dijumpai orang yang terkena penyakit ini. Pertengkaran diakhiri dengan pembunuhan. Kejadian seperti itu sangat mudah ditemukan. Kerasnya persaingan dan musibah yang selalu mendera tanpa dibarengi dengan kesabaran akan membuat seseorang berhati keras. Kekerasan hati akan menjadikan seseorang mudah tersinggung dan melakukan reaksi fisik yang spontan. Seseorang melakukan permusuhan tidak hanya karena dilukai orang lain. Tapi diperlakukan baik pun ia tersinggung. Ketika seorang melakukan kesalahan, ada yang mengingatkan ia justru marah. Begitulah, kehidupan di ibu kota. Orang mudah tersinggung. Dengan demikian, Anda mudah tersinggung atau kecewa. Mudah marah merupakan ciri khas saat depresi.

Sukses Menikah karena Perjodohan? Ini Kuncinya!

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

Detail Berita
Saat acara pernikahan (Foto: Corbis)

BELUM tumbuh cinta tapi harus hidup dengannya selamanya? Jangan merasa ini adalah kiamat bagi hidup Anda. Semua bisa terlalui asalkan Anda tahu triknya.

Mengatur mungkin lebih mudah daripada melakukannya. Apalagi kalau menyoal hati, tentu sangat sulit  untuk diaplikasikan. Salah satunya menjalani perjodohan yang masih lazim terjadi di masyarakat. Apakah Anda salah satu di antaranya? Jika iya,  mungkin Anda membutuhkan proses untuk mencari titik temu dengan pasangan. Jangan lekas mengeluh. Anda pasti bisa melaluinya. Berikut ini beberapa petunjuk yang dapat Anda lakukan.

Kegelisahan pranikah


Ketakutan ini sebenarnya sangat umum terjadi di antara pasangan yang memilih untuk melaksanakan perjodohan. Jika Anda mengalaminya, tanyakan pada diri Anda apa yang menyebabkan kecemasan itu. Di antara alasan yang paling menonjol adalah rasa takut berbagi dan menyesuaikan diri dengan pasangan yang relatif belum Anda kenal. Ketakutan berikutnya adalah bagaimana menghadapi keluarga baru, ketakutan untuk beradaptasi dengan kebiasaan dan pola pikir mereka nantinya. Anda tentu harus menyesuaikan semuanya. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda harus berdamai dengan kenyataan dengan mengubah perilaku Anda demi pasangan.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan berinteraksi sesering mungkin dengan pasangan. Ini akan membuat Anda merasa nyaman dengan pasangan dan juga meningkatkan keakraban Anda berdua, seperti ditulis Times of India.

Jangan pernah mengeluh


Perjodohan berarti mengemban tanggung jawab lebih dan juga harapan. Kedua pasangan ini berada di bawah tekanan untuk menjalani kehidupan  pernikahan. Pasangan Anda mungkin tidak akan berbagi semua hal tentang keluarganya yang tidak dapat sesuai dengan nilai yang Anda miliki. Mungkin saja Anda akan terus menerus dikoreksi tentang cara-cara yang harus dilakukan di rumah. Bersantailah.

Penyesuaian adalah cara untuk mengatasinya. Bicaralah jujur dengan pasangan Anda, dan cari cara untuk melakukan sesuatu tanpa memunculkan pertentangan dengannya. Pada hari-hari awal pernikahan,  jangan memberi komentar kasar atau keras terhadapnya. Jangan pula mengadopsi filsafat yang menjadi musuh untuknya. Jangan mengeluh atau memunculkan suara cengeng pada pasangan Anda. Ingat, dia hanya sedang bingung dan gugup seperti Anda.

Keajaiban cinta


Cinta adalah bahan penting yang dapat membantu Anda berdua mengatasi rintangan. Jika cinta pada pandangan pertama belum terjadi, jangan dulu khawatir. Ini hanya menyoal waktu saja. Lambat laun, cinta pun akan tumbuh seiring dengan keintiman yang Anda bangun. Bahkan, jika Anda sering bersama dengannya maka bukan tak mungkin cinta akan tumbuh dengan sendirinya. Beri dia waktu untuk bekerjasama sehingga dia dapat menumbuhkan cintanya pada Anda. Bersabarlah dan jangan frustasi dulu ketika pasangan Anda mengatakan atau melakukan sesuatu yang salah.
(ded)

Jumat, 18 Februari 2011

Riwayat Hidup Buya HAMKA

Buya HAMKA
Hamka2.jpg
Haji Abdul Malik Karim Amrullah
Lahir 17 Februari 1908
Bendera Belanda Maninjau, Hindia Belanda
Meninggal 24 Juli 1981 (73 tahun)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Kebangsaan  Indonesia
Suku bangsa Suku Minang
Angkatan Pujangga Baru dan Balai Pustaka
Karya terkenal Di Bawah Lindungan Ka'bah
  
Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan HAMKA, yakni singkatan namanya, (lahir di desa kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 – meninggal di Jakarta, 24 Juli 1981 pada umur 73 tahun) adalah sastrawan Indonesia, sekaligus ulama, dan aktivis politik.
Belakangan ia diberikan sebutan Buya, yaitu panggilan buat orang Minangkabau yang berasal dari kata abi, abuya dalam bahasa Arab, yang berarti ayahku, atau seseorang yang dihormati.
Ayahnya adalah Syekh Abdul Karim bin Amrullah, yang merupakan pelopor Gerakan Islah (tajdid) di Minangkabau, sekembalinya dari Makkah pada tahun 1906.

 Biografi

HAMKA (1908-1981), adalah akronim kepada nama sebenar Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Ia adalah seorang ulama, aktivis politik dan penulis Indonesia yang amat terkenal di alam Nusantara. Ia dilahirkan pada tanggal 17 Februari 1908 di kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, Hindia Belanda (saat itu). Ayahnya ialah Syeikh Abdul Karim bin Amrullah atau dikenali sebagai Haji Rasul, seorang pelopor Gerakan Islah (tajdid) di Minangkabau, sekembalinya dari Makkah pada tahun 1906.
Hamka mendapat pendidikan rendah di Sekolah Dasar Maninjau sehingga kelas dua. Ketika usia HAMKA mencapai 10 tahun, ayahnya telah mendirikan Sumatera Thawalib di Padang Panjang. Di situ Hamka mempelajari agama dan mendalami bahasa Arab. Hamka juga pernah mengikuti pengajaran agama di surau dan masjid yang diberikan ulama terkenal seperti Syeikh Ibrahim Musa, Syeikh Ahmad Rasyid, Sutan Mansur, R.M. Surjopranoto dan Ki Bagus Hadikusumo.
Hamka mula-mula bekerja sebagai guru agama pada tahun 1927 di Perkebunan Tebing Tinggi, Medan dan guru agama di Padang Panjang pada tahun 1929. Hamka kemudian dilantik sebagai dosen di Universitas Islam, Jakarta dan Universitas Muhammadiyah, Padang Panjang dari tahun 1957 hingga tahun 1958. Setelah itu, beliau diangkat menjadi rektor Perguruan Tinggi Islam, Jakarta dan Profesor Universitas Mustopo, Jakarta. Dari tahun 1951 hingga tahun 1960, beliau menjabat sebagai Pegawai Tinggi Agama oleh Menteri Agama Indonesia, tetapi meletakkan jabatan itu ketika Sukarno menyuruhnya memilih antara menjadi pegawai negeri atau bergiat dalam politik Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).
Hamka adalah seorang otodidiak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Dengan kemahiran bahasa Arabnya yang tinggi, beliau dapat menyelidiki karya ulama dan pujangga besar di Timur Tengah seperti Zaki Mubarak, Jurji Zaidan, Abbas al-Aqqad, Mustafa al-Manfaluti dan Hussain Haikal. Melalui bahasa Arab juga, beliau meneliti karya sarjana Perancis, Inggris dan Jerman seperti Albert Camus, William James, Sigmund Freud, Arnold Toynbee, Jean Paul Sartre, Karl Marx dan Pierre Loti. Hamka juga rajin membaca dan bertukar-tukar pikiran dengan tokoh-tokoh terkenal Jakarta seperti HOS Tjokroaminoto, Raden Mas Soerjopranoto, Haji Fachrudin, AR Sutan Mansur dan Ki Bagus Hadikusumo sambil mengasah bakatnya sehingga menjadi seorang ahli pidato yang handal.
Hamka juga aktif dalam gerakan Islam melalui organisasi Muhammadiyah. Ia mengikuti pendirian Muhammadiyah mulai tahun 1925 untuk melawan khurafat, bidaah, tarekat dan kebatinan sesat di Padang Panjang. Mulai tahun 1928, beliau mengetuai cabang Muhammadiyah di Padang Panjang. Pada tahun 1929, Hamka mendirikan pusat latihan pendakwah Muhammadiyah dan dua tahun kemudian beliau menjadi konsul Muhammadiyah di Makassar. Kemudian beliau terpilih menjadi ketua Majlis Pimpinan Muhammadiyah di Sumatera Barat oleh Konferensi Muhammadiyah, menggantikan S.Y. Sutan Mangkuto pada tahun 1946. Ia menyusun kembali pembangunan dalam Kongres Muhammadiyah ke-31 di Yogyakarta pada tahun 1950.
Pada tahun 1953, Hamka dipilih sebagai penasihat pimpinan Pusat Muhammadiah. Pada 26 Juli 1977, Menteri Agama Indonesia, Prof. Dr. Mukti Ali melantik Hamka sebagai ketua umum Majlis Ulama Indonesia tetapi beliau kemudiannya meletak jawatan pada tahun 1981 karena nasihatnya tidak dipedulikan oleh pemerintah Indonesia.
Kegiatan politik Hamka bermula pada tahun 1925 ketika beliau menjadi anggota partai politik Sarekat Islam. Pada tahun 1945, beliau membantu menentang usaha kembalinya penjajah Belanda ke Indonesia melalui pidato dan menyertai kegiatan gerilya di dalam hutan di Medan. Pada tahun 1947, Hamka diangkat menjadi ketua Barisan Pertahanan Nasional, Indonesia. Ia menjadi anggota Konstituante Masyumi dan menjadi pemidato utama dalam Pilihan Raya Umum 1955. Masyumi kemudiannya diharamkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1960. Dari tahun 1964 hingga tahun 1966, Hamka dipenjarakan oleh Presiden Sukarno karena dituduh pro-Malaysia. Semasa dipenjarakanlah maka beliau mulai menulis Tafsir al-Azhar yang merupakan karya ilmiah terbesarnya. Setelah keluar dari penjara, Hamka diangkat sebagai anggota Badan Musyawarah Kebajikan Nasional, Indonesia, anggota Majelis Perjalanan Haji Indonesia dan anggota Lembaga Kebudayaan Nasional, Indonesia.
Selain aktif dalam soal keagamaan dan politik, Hamka merupakan seorang wartawan, penulis, editor dan penerbit. Sejak tahun 1920-an, Hamka menjadi wartawan beberapa buah akhbar seperti Pelita Andalas, Seruan Islam, Bintang Islam dan Seruan Muhammadiyah. Pada tahun 1928, beliau menjadi editor majalah Kemajuan Masyarakat. Pada tahun 1932, beliau menjadi editor dan menerbitkan majalah al-Mahdi di Makasar. Hamka juga pernah menjadi editor majalah Pedoman Masyarakat, Panji Masyarakat dan Gema Islam.
Hamka juga menghasilkan karya ilmiah Islam dan karya kreatif seperti novel dan cerpen. Karya ilmiah terbesarnya ialah Tafsir al-Azhar (5 jilid) dan antara novel-novelnya yang mendapat perhatian umum dan menjadi buku teks sastera di Malaysia dan Singapura termasuklah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Di Bawah Lindungan Kaabah dan Merantau ke Deli.
Hamka pernah menerima beberapa anugerah pada peringkat nasional dan antarabangsa seperti anugerah kehormatan Doctor Honoris Causa, Universitas al-Azhar, 1958; Doktor Honoris Causa, Universitas Kebangsaan Malaysia, 1974; dan gelar Datuk Indono dan Pengeran Wiroguno dari pemerintah Indonesia.
Hamka telah pulang ke rahmatullah pada 24 Juli 1981, namun jasa dan pengaruhnya masih terasa sehingga kini dalam memartabatkan agama Islam. Ia bukan sahaja diterima sebagai seorang tokoh ulama dan sasterawan di negara kelahirannya, malah jasanya di seluruh alam Nusantara, termasuk Malaysia dan Singapura, turut dihargai.


Daftar Karya Buya Hamka

  1. Khatibul Ummah, Jilid 1-3. Ditulis dalam huruf Arab.
  2. Si Sabariah. (1928)
  3. Pembela Islam (Tarikh Saidina Abu Bakar Shiddiq),1929.
  4. Adat Minangkabau dan agama Islam (1929).
  5. Ringkasan tarikh Ummat Islam (1929).
  6. Kepentingan melakukan tabligh (1929).
  7. Hikmat Isra' dan Mikraj.
  8. Arkanul Islam (1932) di Makassar.
  9. Laila Majnun (1932) Balai Pustaka.
  10. Majallah 'Tentera' (4 nomor) 1932, di Makassar.
  11. Majallah Al-Mahdi (9 nomor) 1932 di Makassar.
  12. Mati mengandung malu (Salinan Al-Manfaluthi) 1934.
  13. Di Bawah Lindungan Ka'bah (1936) Pedoman Masyarakat,Balai Pustaka.
  14. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (1937), Pedoman Masyarakat, Balai Pustaka.
  15. Di Dalam Lembah Kehidupan 1939, Pedoman Masyarakat, Balai Pustaka.
  16. Merantau ke Deli (1940), Pedoman Masyarakat, Toko Buku Syarkawi.
  17. Margaretta Gauthier (terjemahan) 1940.
  18. Tuan Direktur 1939.
  19. Dijemput mamaknya,1939.
  20. Keadilan Ilahy 1939.
  21. Tashawwuf Modern 1939.
  22. Falsafah Hidup 1939.
  23. Lembaga Hidup 1940.
  24. Lembaga Budi 1940.
  25. Majallah 'SEMANGAT ISLAM' (Zaman Jepang 1943).
  26. Majallah 'MENARA' (Terbit di Padang Panjang), sesudah revolusi 1946.
  27. Negara Islam (1946).
  28. Islam dan Demokrasi,1946.
  29. Revolusi Pikiran,1946.
  30. Revolusi Agama,1946.
  31. Adat Minangkabau menghadapi Revolusi,1946.
  32. Dibantingkan ombak masyarakat,1946.
  33. Didalam Lembah cita-cita,1946.
  34. Sesudah naskah Renville,1947.
  35. Pidato Pembelaan Peristiwa Tiga Maret,1947.
  36. Menunggu Beduk berbunyi,1949 di Bukittinggi,Sedang Konperansi Meja Bundar.
  37. Ayahku,1950 di Jakarta.
  38. Mandi Cahaya di Tanah Suci. 1950.
  39. Mengembara Dilembah Nyl. 1950.
  40. Ditepi Sungai Dajlah. 1950.
  41. Kenangan-kenangan hidup 1,autobiografi sejak lahir 1908 sampai pd tahun 1950.
  42. Kenangan-kenangan hidup 2.
  43. Kenangan-kenangan hidup 3.
  44. Kenangan-kenangan hidup 4.
  45. Sejarah Ummat Islam Jilid 1,ditulis tahun 1938 diangsur sampai 1950.
  46. Sejarah Ummat Islam Jilid 2.
  47. Sejarah Ummat Islam Jilid 3.
  48. Sejarah Ummat Islam Jilid 4.
  49. Pedoman Mubaligh Islam,Cetakan 1 1937 ; Cetakan ke 2 tahun 1950.
  50. Pribadi,1950.
  51. Agama dan perempuan,1939.
  52. Muhammadiyah melalui 3 zaman,1946,di Padang Panjang.
  53. 1001 Soal Hidup (Kumpulan karangan dr Pedoman Masyarakat, dibukukan 1950).
  54. Pelajaran Agama Islam,1956.
  55. Perkembangan Tashawwuf dr abad ke abad,1952.
  56. Empat bulan di Amerika,1953 Jilid 1.
  57. Empat bulan di Amerika Jilid 2.
  58. Pengaruh ajaran Muhammad Abduh di Indonesia (Pidato di Kairo 1958), utk Doktor Honoris Causa.
  59. Soal jawab 1960, disalin dari karangan-karangan Majalah GEMA ISLAM.
  60. Dari Perbendaharaan Lama, 1963 dicetak oleh M. Arbie, Medan; dan 1982 oleh Pustaka Panjimas, Jakarta.
  61. Lembaga Hikmat,1953 oleh Bulan Bintang, Jakarta.
  62. Islam dan Kebatinan,1972; Bulan Bintang.
  63. Fakta dan Khayal Tuanku Rao, 1970.
  64. Sayid Jamaluddin Al-Afhany 1965, Bulan Bintang.
  65. Ekspansi Ideologi (Alghazwul Fikri), 1963, Bulan Bintang.
  66. Hak Asasi Manusia dipandang dari segi Islam 1968.
  67. Falsafah Ideologi Islam 1950(sekembali dr Mekkah).
  68. Keadilan Sosial dalam Islam 1950 (sekembali dr Mekkah).
  69. Cita-cita kenegaraan dalam ajaran Islam (Kuliah umum) di Universiti Keristan 1970.
  70. Studi Islam 1973, diterbitkan oleh Panji Masyarakat.
  71. Himpunan Khutbah-khutbah.
  72. Urat Tunggang Pancasila.
  73. Doa-doa Rasulullah S.A.W,1974.
  74. Sejarah Islam di Sumatera.
  75. Bohong di Dunia.
  76. Muhammadiyah di Minangkabau 1975,(Menyambut Kongres Muhammadiyah di Padang).
  77. Pandangan Hidup Muslim,1960.
  78. Kedudukan perempuan dalam Islam,1973.


Aktivitas lainnya

Rujukan

  • Kenangan-kenangan 70 tahun Buya Hamka, terbitan Yayasan Nurul Islam, cetakan kedua 1979.
Sumber: wikipedia.
















                                                                                                                                             

                                                                                                                                                                             




Mobil Atap Terbuka Rusak Pendengaran


Mobil Atap Terbuka Rusak Pendengaran HATI-HATI bagi Anda yang memiliki mobil beratap terbuka. Sebuah penelitian dari Universitas Saint Louis, Amerika Serikat, menyatakan bahwa menyetir mobil dengan atap mobil terbuka dalam kecepatan tinggi berpotensi merusak indra pendengaran.

Para peneliti membuat patokan tingkat kebisingan suara menggunakan lima model suara dan tingkat kekuatan indra pendengaran seseorang. Hasilnya, sebanyak 80% mobil memiliki tingkat kebisingan di atas 85 desibel (dB) ketika atap mobil dibuka dan mobil berjalan dengan kecepatan 55 mil per jam (mph) atau lebih cepat.

Tingkat kebisingan di atas 85 dB untuk jangka waktu lama sangat tidak disarankan untuk kesehatan indra pendengaran. Dikatakan, indra pendengaran seseorang menjadi sensitif untuk menerima suara dengan tingkat kebisingan di atas 80 dB.

Selain itu, mengendarai mobil dengan atap terbuka dalam kecepatan tinggi juga berpotensi tercemar oleh kebisingan suara dari lingkungan sekitar seperti suara truk atau sepeda motor yang berada di dekat mobil. (Healthday/*/X-6)
mediaindonesia.com

Mariyuana dan Gairah Seks

Mariyuana dan Gairah Seks

PENELITIAN mengungkapkan mariyuana dan jenis obat-obatan terlarang lainnya mengakibatkan laki-laki mengalami disfungsi seksual.

Dalam penelitian tersebut, para ahli menemukan tetrahydrocannabinol (THC), bahan aktif dalam ganja yang memiliki efek menghambat otot organ vital laki-laki. "Ia juga memengaruhi persepsi yang diterima otak. Pada akhirnya seorang laki-laki bisa mengalami disfungsi seksual," jelas ketua penelitian Rany Shamloul dari Universitas Ottawa, Kanada.

Shamloul menguji coba pasien kecanduan ganja di rumah sakit di Kanada. Pasien mengikuti tes yang menguji daya otak yang merangsang fungsi seksual. Hasilnya, pasien mengalami penurunan fungsi seksual 80%. (Healthday/*/X-5. Media Indonesia

Aktivitas Seru Perekat Jalinan Asmara


Aktivitas Seru Perekat Jalinan AsmaraSEBAGAI sepasang kekasih, Anda dan si dia tentu ingin menjaga agar api cinta terus menyala. Sesekali, mengapa tidak mencoba melakukan sesuatu yang berbeda untuk kian mempererat ikatan yang telah tercipta?

Hewan peliharaan
Jika Anda dan kekasih sama-sama penyayang binatang, mengapa tidak mencoba memelihara hewan peliharaan bersama-sama? Misalnya kucing, anjing, atau kelinci. ''Hewan peliharaan bisa menjadi stabilisator penting dalam hubungan percintaan,'' kata Terry Orbuch, seorang pakar hubungan yang berbasis di Detroit, seperti dikutip situs msn.com.

Bahkan, sebuah studi dari SUNY Bufallo menemukan bahwa pasangan kekasih yang memelihara hewan peliharaan, memiliki hubungan yang lebih dekat, lebih cepat rujuk setelah bertengkar, serta lebih puas dibandingkan pasangan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Masak bareng
Orang bilang, cinta datang lewat perut. Memasak bersama, menurut Marnie Carmichael, pendiri toko roti Spring Valley di Ohio, merupakan perayaan bagi semua panca indera. ''Dapur, bukannya kamar tidur, adalah ruangan terpenting di dalam rumah untuk membangun dan menumbuhkan hubungan mesra,'' ujarnya.

Dengan panci yang mendidih dan pisau yang memotong-motong, memasak bersama merupakan sebuah pengalaman yang mendalam. ''Menabrak tubuh satu sama lain dan tersandung satu sama lain, mencoba meraih panci sebelum isinya tumpah itu semua merupakan bagian dari kesenangan,'' imbuhnya.

Kegiatan amal
Sesekali, ajak kekasih mendaftarkan diri untuk melakukan pekerjaan sukarela bersama-sama. Membantu orang lain bisa membuat Anda berdua merasa lebih baik tentang diri sendiri. Apalagi, melakukannya bersama seseorang yang spesial bisa semakin meningkatkan perasaan menyenangkan tersebut.

Lagi pula, kapan lagi bisa terbebas dari rutinitas makan malam dan menonton di bioskop yang membosankan?

Meditasi
Coba bermeditasi bersama kekasih. Menghabiskan keheningan dan waktu kontemplatif berdua bisa membawa ketenangan bersama dan membangun ikatan yang lebih kuat.

Mencipta ruang
Tingkatkan kebersamaan Anda dan kekasih dengan berpisah barang sejenak. Trik tersebut disarankan terapis seks Stephanie Buehler yang berbasis di California. ''Meluangkan waktu terpisah memungkinkan hasrat teraduk, menciptakan sedikit misteri, dan membuat Anda lebih menarik,'' tegasnya.

Jika Anda menghabiskan seluruh waktu bersama kekasih, maka kesempatan untuk saling rindu tidak akan tumbuh. Tak perlu berpisah seminggu penuh. Satu hari atau selama akhir pekan sudah cukup untuk menciptakan ruang penting yang dibutuhkan. (LI/OL-06)

Yo Kita Lihat Profil Rhoma Irama


Raden Oma Irama atau biasa dipanggil Rhoma Irama (lahir 11 Desember 1946 di Tasikmalaya) adalah musisi dangdut dari Indonesia yang berjulukan "Raja Dangdut".
Pada tahun tujuh puluhan, Rhoma sudah menjadi penyanyi dan

musisi ternama setelah jatuh bangun dalam mendirikan band musik, mulai dari band Gayhand tahun 1963. Tak lama kemudian, ia pindah masuk Orkes Chandra Leka, sampai akhirnya membentuk band sendiri bernama Soneta yang sejak 13 Oktober 1973 mulai berkibar. Bersama grup Soneta yang dipimpinnya, Rhoma tercatat pernah memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya.
Berdasarkan data penjualan kaset, dan jumlah penonton

film- film yang dibintanginya, penggemar Rhoma tidak kurang dari 15 juta atau 10% penduduk Indonesia. Ini catatan sampai pertengahan 1984. "Tak ada jenis kesenian mutakhir yang memiliki lingkup sedemikian luas", tulis majalah TEMPO, 30 Juni 1984.Sementara itu, Rhoma sendiri bilang, "Saya takut publikasi. Ternyata, saya sudah terseret jauh"

Rhoma Irama terhitung sebagai salah satu penghibur yang paling sukses dalam mengumpulkan massa.rhoma irama bukan hanya tampil di dalam negeri tapi ia juga pernah tampil di Kuala Lumpur, Singapura, dan Brunei dengan jumlah penonton yang hampir sama ketika ia tampil di indonesia. sering dalam konser Rhoma Irama, penonton jatuh pingsan akibat berdesakan.

Orang menyebut musik Rhoma adalah musik dangdut, sementara ia sendiri lebih suka bila musiknya disebut sebagai irama Melayu.
Pada 13 Oktober 1973, Rhoma mencanangkan semboyan "Voice of Moslem" (Suara Muslim) yang bertujuan menjadi agen pembaharu musik Melayu yang memadukan unsur musik rock dalam musik Melayu serta melakukan improvisasi atas aransemen, syair, lirik, kostum dan penampilan di atas panggung.

menurut Achmad Albar, penyanyi rock tersohor, "Rhoma pionir. Pintar mengawinkan orkes Melayu dengan rock". Tetapi jika kita amati ternyata bukan hanya rock yang

dipadu oleh rhoma irama tetapi musik pop, india, dan orkestra juga. inilah yang menyebabkan setiap lagu rhoma memiiki cita rasa yang berbeda.
Bagi para penyanyi dangdut lagu rhoma mewakili semua suasana ada nuansa agama, cinta remaja, cinta kepada orang tua, kepada bangsa, kritik sosial, dan lain-lain. "mustahil mengadakan panggung dangdut tampa menampilkan lagu Bang Rhoma,

karena semua menyukai lagu rhoma", begitu tanggapan beberapa penyanyi dangdut dalam suatu acara TV.
Rhoma juga sukses di dunia film, setidaknya secara komersial. Data PT Perfin menyebutkan, hampir semua film Rhoma selalu laku.

Bahkan sebelum sebuah film selesai diproses, orang sudah membelinya. Satria Bergitar, misalnya. Film yang dibuat dengan biaya Rp 750 juta ini, ketika belum rampung sudah memperoleh pialang Rp 400 juta.Tetapi, Rhoma tidak pernah makan dari uang film. Ia hidup dari uang kaset, kata Benny Muharam, kakak Rhoma, yang jadi produser PT Rhoma Film. Hasil film disumbangkan untuk, antara lain, masjid, yatim piatu, kegiatan remaja, dan perbaikan kampung.

Ia juga terlibat dalam dunia politik. Di masa awal Orde Baru, ia sempat menjadi maskot penting PPP, setelah terus dimusuhi oleh Pemerintah Orde baru karena menolak untuk bergabung dengan Golkar Rhoma Sempat tidak aktif berpolitik untuk beberapa waktu, Sebelum akhirnya terpilih sebagai anggota DPR mewakili utusan Golongan yakni mewakili seniman dan artis pada tahun 1993. Pada pemilu 2004 Rhoma Irama tampil pula di panggung kampanye PKS.
Rhoma Irama sempat kuliah di Universitas 17 agustus Jakarta, tetapi tidak menyelesaikannya, "ternyata belajar diluar lebih asyik dan menantang" katanya suatu saat. ia sendiri mengatakan bahwa ia banyak menjadi rujukan penelitian ada kurang lebih 7 skripsi tentang musiknya telah dihasilkan. selain itu peneliti asing juga kerap menjadikannya sebagai objek penelitian seperti William H. Frederick, doktor sosiologi Universitas Ohio, AS yang meneliti tentang kekuatan popularitas serta pengaruh rhoma irama pada masyarakat.


Pada bulan Februari 2005, dia memperoleh gelar doktor honoris causa dari American University of Hawaii dalam bidang dangdut, namun gelar tersebut dipertanyakan banyak pihak karena universitas ini diketahui tidak mempunyai murid sama sekali di Amerika Serikat sendiri, dan hanya mengeluarkan gelar kepada warga non-AS di luar negeri. Selain itu, universitas ini tidak diakreditasikan oleh pemerintah negara bagian Hawaii. sayang sekali padahal seharusnya rhoma irama berhak mendapatkan gelar doctor honouris causa dari lembaga pendidikan resmi karena kepiawannya sebagai Musisi, pencipta lagu,dan Bintang layar lebar. karena selama karirnya seperti yang diungkapkan ia telah menciptkan 685 buah lagu dan bermain di lebih 10 film. mungkin tidak ada artis Indonesia yang mampu menciptakan sedemikian banyak lagu, sekaligus membintangi banyak film.


Rhoma Irama dikenal sebagai seorang pendakwah dan pengkhotbah Muslim dan ketua umum Forum Umat Islam (FUI), sebuah organisasi keagamaan yang tidak berpihak kepada partai

manapun.

Kesuksesannya di dunia musik dan dunia seni peran membuat Rhoma sempat mendirikan perusahaan film Rhoma Irama Film Production yang berhasil memproduksi film, di antaranya Perjuangan dan Doa (1980) serta Cinta Kembar (1984).


Kini, Rhoma yang biasa dipanggil Bang Haji ini, banyak mengisi waktunya dengan berdakwah baik lewat musik maupun ceramah-ceramah di televisi hingga ke penjuru nusantara. Dengan semangat dan gaya khasnya, Rhoma yang menjadikan grup Soneta sebagai Sound of Moslem terus giat meluaskan syiar agama.
sebagian besar lagu Rhoma Irama bernafaskan islam dan semangat humanisme, hal ini didasarkan dari latar belakang rhoma sendiri yang sangat giat belajar agama.


Rhoma Irama dalam berita


  • Pada tahun 2003, Rhoma kembali menjadi sorotan media karena mengkritik Inul Daratista, penyanyi dangdut yang sedang naik daun karena mengandalkan gaya tarinya yang mesum. Rhoma dengan mengatas-namakan organisasi PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia), menentang peredaran album Goyang Inul yang dirilis Blackboard pada akhir Mei 2003. Pada saat itu Rhoma Irama kemudian dikecam sebagai seorang munafik oleh pendukung Inul.
  • Juga pada tahun 2003, Rhoma dalam sebuah pengerebekan, tertangkap basah beduaan di apartemen Angel Lelga, sekitar jam 11-4pagi. Pengerebekan ini banyak ditayangkan media infotainment, dan menjadi permulaan turunnya pamor raja dangdut ini. Kejadian ini disanggah Rhoma dengan berdalih bahwa ia hanya memberikan nasehat dan petuah agar menghindarkan Angel Lelga dari jurang kenistaan, setelah beberapa waktu kemudian rhoma mengakui bahwa ia sebenarnya telah menikah dengan angel elga.
  • Pada November 2005, tayangan Kabar-kabari memberitakan Rhoma Irama mengatakan GIGI adalah band frustasi dan tidak kreatif. Komentar tersebut berhubungan dengan kesuksesan album rohani Raihlah Kemenangan yang dirilis GIGI. Menurut Rhoma, album yang sepenuhnya berisi lagu aransemen ulang itu mengesankan kelompok musik tersebut sebagai band yang frustasi dan tidak kreatif. Berita ini kemudian disanggah oleh Rhoma. (Sebenarnya berita ini sudah di ralat, setelah Rhoma Irama mengirimkan protes ke meja redaksi RCTI dan manajemen acara infotaintment KABAR-KABARI. Berita ini beredar karena kesalahan narator dalam menanggapi berita tentang pernyataan Rhoma Irama. Dan Rhoma Irama sendiri dengan band GIGI tidak ada masalah dan "santai" saja...
  • Pada Januari 2006, kembali Rhoma di hadapan anggota DPR mengeluarkan pernyataan menentang aksi panggung Inul, dalam dengar pendapat pembahasan RUU Antipornografi antara DPR dan kalangan artis.
  • Rhoma menikahi Veronica pada 1972, seorang wanita Nasrani yang menjadi muslim setelah dinikahinya, yang kemudian memberinya tiga orang anak, Debby (31), Fikri (27) dan Romy (26). Rhoma akhirnya bercerai dengan Veronica bulan Mei 1985
  • Sebelum bercerai, sekitar setahun sebelumnya, Rhoma menikahi Ricca Rachim, juga seorang wanita Nasrani yang kemudian menjadi muslim setelah dinikahinya — lawan mainnya dalam beberapa film seperti Melodi Cinta, Badai di Awal Bahagia, Camellia, Cinta Segitiga, Pengabdian, Pengorbanan, dan Satria Bergitar. Hingga sekarang, Ricca tetap mendampingi Rhoma sebagai istri.
  • Pada tanggal 2 Agustus 2005, Rhoma mengumumkan telah menikahi artis sinetron Angel Lelga secara siri pada 6 Maret 2003, namun hari itu juga ia menceraikannya.
  • Veronica sempat menikah kembali (1991) kemudian sang suami yang seorang pejabat meninggal, Veronica sendiri meninggal di tahun 2005 dengan mengalami berbagai penyakit, anak-anaknya mengakui pada pers selama Veronica sakit Rhoma Irama lah yang menanggung semua biaya perawatan hingga ke Singapura mengingat Veronica bukan lagi artis yang produktif dan telah menjadi janda karena suaminya telah meninggal. Keluarga mencatat bahwa Rhoma tetap berperan dalam keluarga tersebut.
  • Pada saat Rhoma Irama di gerbek oleh wartawan di Apartemen bersama Angel Lelga sebenarnya keduanya telah menikah secara siri, otak dibalik pengebrakan tersebut adalah Yati Octavia dan suaminya Pangky Suwito yang juga tinggal di Apartemen Semanggi dan turut hadir bersama wartawan pada saat pengrebekan.
Wikipedia Indonesia

Penyakit Jantung Bisa Tanpa Gejala

shutterstock

Kompas.com — Jika Anda merasa diri sehat-sehat saja, sebaiknya bersikaplah tetap waspada dengan melakukan pemeriksaan diri untuk mengetahui kondisi kesehatan. Ini mengingat ternyata diam-diam kita bisa punya risiko penyakit jantung meski tanpa gejala.
Penelitian menunjukkan, persentase pengidap penyakit jantung yang memiliki riwayat faktor risiko tertentu itu sangat tinggi. Faktor risiko tersebut termasuk gaya hidup dan karateristik tertentu dari keluarga.
Menurut dr.Sally A.Nasution, Sp.PD, faktor risiko penyakit jantung terbagi dalam dua, yakni faktor yang tidak bisa diubah, yang meliputi jenis kelamin, usia, dan riwayat keluarga. "Jika ada dalam keluarga kita orang yang terkena serangan jantung, risiko kita juga semakin tinggi," katanya dalam sebuah acara yang diadakan oleh Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam di Jakarta (4/2).
Kendati demikian, masih banyak faktor risiko lain yang bisa dikendalikan, yakni pola makan, kebiasaan olahraga, kegemukan, kadar lemak darah, serta kebiasaan merokok. "Makin banyak faktor risiko yang dimiliki, makin cepat penebalan dinding pembuluh darah," paparnya.
Penebalan pembuluh darah atau aterosklerosis adalah timbunan lemak (plak) yang menumpuk dalam arteri sehingga arteri menyempit dan aliran darah terhambat. Ini adalah penyebab awal tersumbatnya pembuluh darah yang menuju jantung sehingga terjadi serangan jantung atau nyeri dada (angina).
Yang terpenting dilakukan adalah mencegah terjadinya aterosklerosis meski tidak ada gejala. Pemeriksaan lemak darah (kolesterol), pengukuran tensi darah serta menjaga berat badan dalam kondisi ideal perlu dilakukan, terutama untuk mereka yang sudah memasuki usia 40 tahun.
Deteksi dini adanya penyakit jantung koroner juga bisa dilakukan dengan berbagai tes khusus, seperti EKG (elektrokardiogram), treadmill, tes darah, foto toraks, dan sebagainya.
Penulis: AN   |   Editor: Lusia Kus Anna

Orang Minang Paling Berisiko Dislipidemia

Ilustrasi masakan rendang khas Minang
KOMPAS.com — Ragam masakan Masyarakat Minangkabau yang banyak berbahan santan dan daging membuat asupan lemak jenuh mereka lebih tinggi dibanding suku-suku lain di Indonesia.
Hal itu terungkap lewat penelitian tahun 2007 yang dilakukan dr Ratna Djuwita dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Ia melakukan riset mengenai asupan nutrien pada empat suku, yakni Minangkabau, Sunda, Jawa, dan Bugis.
"Rata-rata asupan lemak orang Indonesia sudah memenuhi pedoman gizi, tetapi kualitasnya masih buruk karena lebih banyak lemak jenuhnya," katanya dalam acara seminar bertajuk "Pentingnya Lemak Esensial dan Manfaatnya untuk Tubuh" di Jakarta, Sabtu (12/2/2011).
Rasio asupan lemak yang sehat, kata Ratna, adalah satu banding satu antara asam lemak jenuh (saturated fatty acid/SAFA), asam lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fatty acid/PUFA), asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid/MUFA). Dalam kombinasi yang tepat yakni 1:1:1, asupan makanan relatif akan lebih menyehatkan.
"Dari total 30 persen lemak yang harus kita konsumsi tiap hari, sebaiknya SAFA tidak lebih dari 10 persen dan 20 persen, lemak tak jenuh yang terdiri dari PUFA 6-10 persen, dan MUFA 10 persen," katanya.
Kelebihan SAFA akan meningkatkan berbagai risiko kesehatan yang dipicu oleh dislipidemia. Dislipidemia adalah gangguan kesehatan akibat kelainan lemak dalam darah. Pada dislipidemia, kadar lemak-lemak jahat seperti kolesterol LDL dan trigliserida mengalami peningkatan. Sebaliknya kadar lemak yang baik, yaitu kolesterol HDL, justru mengalami penurunan.
"Orang Minang tingkat dislipidemianya lebih tinggi dibanding 3 suku lainnya," kata Ratna.
Dari penelitian terungkap, asupan SAFA orang Minang berasal dari santan, minyak goreng, daging, telur, dan daging unggas. "Orang Jawa dan Sunda suka makan santan juga, tetapi tidak sekental masakan Minang. Selain itu, pola makanan Jawa dan Sunda banyak sayuran, tahu, dan tempe," kata dosen dari Ilmu Gizi FKUI ini.
Hasil penelitian Ratna tersebut sama dengan RISKESDAS tahun 2007 yang menemukan rasio asupan lemak jenuh dan tidak jenuh orang Indonesia belum seimbang. "Rasionya masih kurang dari 1, terbanyak masih SAFA," imbuhnya.
Editor: Asep Candra

Alasan Tersembunyi Wanita Jatuh Cinta

shutterstock

Kompas.com —  Benarkah wanita hanya melirik pria berwajah ganteng, berpostur tinggi dan tegap, serta perilakunya simpatik? Ternyata tidak juga. Ada seribu satu alasan tak terduga yang bisa membuat wanita jatuh cinta, termasuk faktor yang disadari dan tidak disadari.
Penelitian dan kepustakaan mengenai alasan-alasan ketertarikan sepasang manusia telah banyak diteliti, namun sebagian besar masih jadi misteri. Para ilmuwan mengatakan, strategi memikat lawan jenis dan juga cara menyeleksi pasangan sudah dikembangkan sejak jutaan tahun evolusi dan masih terprogram dalam DNA kita sampai saat ini. Jadi apa saja yang bisa membuat wanita terpikat hatinya?
1. Bad boys
Studi tahun 2009 yang dilakukan oleh Peter Jonason dari New Mexico State University, menemukan pria yang tergolong bad boys cenderung membuat wanita tergila-gila. Pria-pria ini juga lebih sering menjadi playboy, tapi tetap saja memikat lebih banyak wanita dibanding pria "baik-baik".
Ketertarikan wanita pada pria bad boys ini ditemukan pada lebih dari 35.000 orang di 50 budaya. Para ahli mengatakan, sifat ini adalah peninggalan manusia gua sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan pasangan. Pria "nakal" ini dianggap memiliki material genetik lebih unggul.
2. Alasan materi
Sebuah studi tahun 2007 menyebutkan, pria yang romantis biasanya lebih royal menghadiahi pasangannya. Hobi seorang pria untuk bersikap royal pada kekasihnya ini juga dianggap sebagai isyarat pria tersebut mampu menyediakan kebutuhan keluarganya kelak.
3. Pandai komunikasi
Bagi nenek moyang kita, kemampuan berkomunikasi dan bergaul merupakan modal untuk bertahan hidup dalam kelompok. Pada masa kini, pria yang enak diajak ngobrol lebih disukai karena wanita pada dasarnya wanita suka menceritakan aktivitasnya kepada orang lain.
Karena itu, pria yang bisa mengimbangi kesukaan wanita berbicara ini dianggap bisa memahami isi hati. Jangan takut jika Anda termasuk pria pendiam karena pada dasarnya wanita butuh untuk didengarkan. Satu hal lagi, wanita juga tidak menyukai pria yang gemar menceritakan kehebatannya sendiri.
4. Berwajah maskulin
Ketertarikan wanita pada wajah lawan jenisnya ternyata dipengaruhi oleh siklus menstruasinya. Ketika ia berada di masa subur, mereka lebih melirik pria berwajah maskulin dengan garis wajah yang tegas. Namun ketika mencari pasangan jangka panjang, mereka justru mencari pria berwajah lembut karena dianggap punya pola asuh yang lebih baik untuk anak-anak.
5. Pintar
Dalam sebuah penelitian terhadap anggota situs kencan, terungkap bahwa pria lebih memilih nama-nama wanita yang dianggap berwajah cantik dan bertubuh bagus. Sementara para wanita lebih suka menerima kontak pria yang namanya dianggap mewakili karateristik pintar.
6. Bau tubuh
Bau tubuh alami seorang pria sangat penting untuk wanita. Beberapa penelitian menemukan, wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi lebih tertarik pada pria yang bau tubuhnya sama sekali berbeda dengan bau tubuh wanita.
7. Wajah simetris
Mereka yang memiliki wajah simetris sebenarnya lebih menarik bagi lawan jenisnya. Sebuah studi bahkan menyebutkan, wanita lebih sering orgasme ketika berhubungan seks dengan pria berwajah simetris.
Sumber : askmen
Penulis: AN   |   Editor: Lusia Kus Anna   |

Berapa Kali Normalnya Frekuensi Seks?

shutterstock       

KOMPAS.com — Tak sedikit pasangan yang mempertanyakan apakah frekuensi hubungan seksual yang mereka lakukan normal. Padahal, sebenarnya tidak ada "standar baku" dalam hubungan seks. Dengan kata lain, tidak ada yang tidak normal selama Anda dan pasangan sama-sama ingin melakukannya serta merasa nyaman.
"Anda boleh melakukannya tiga kali dalam semalam atau cukup sebulan sekali asalkan kedua belah pihak merasa berbahagia dalam kebersamaan," kata Catherine Birndorf, MD, pakar kesehatan mental dan penulis buku The Nine Rooms of Happiness.
Para pakar psikologi mengungkapkan, seksualitas membawa kebutuhan untuk menikmati diri, untuk mencintai dan dicintai, serta berbagi cinta. Itu sebabnya, menurut John Gagnon, profesor emeritus sosiologi, yang penting sebenarnya bukan frekuensi melakukan hubungan seksual, melainkan seberapa sering Anda menginginkan seks.
"Dan juga seberapa sering pasangan Anda mengajak melakukan hubungan seksual. Frekuensi yang optimal adalah jika kedua belah pihak sama-sama menginginkannya," kata Gagnon.
Namun, tidak bisa dimungkiri kebutuhan akan kehangatan di ranjang ini sering kali berkurang seiring dengan lamanya hubungan Anda dan pasangan.
"Setelah lewatnya masa-masa bulan madu pada awal pernikahan, biasanya kegiatan bercinta tak lagi exciting dan ditunggu-tunggu karena kedua belah pihak sudah merasa terbiasa," kata Erick Janssen, peneliti di bidang seks, gender, dan reproduksi dari Indiana University, Amerika Serikat.
Untuk mencegah rasa monoton dan jenuh, Erick menyarankan agar kedua belah pihak lebih kreatif mengelola seks. "Supaya tidak terjebak dalam gaya kamar tidur, sesekali ajaklah pasangan melakukan hubungan di ruangan lain. Kencan-kencan romantis berdua juga bisa menyalakan kembali gairah yang mulai redup," katanya.
Sumber : msnbc
Penulis: AN   |   Editor: Lusia Kus Anna   |

Riset Terbaru IPB: Tak Ada Susu Berbakteri

Shutterstock
Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor I Wayan Teguh Wibawan menegaskan, penelitian terbaru IPB menunjukkan bahwa tak ada susu bubuk formula yang mengandung bakteri Enterobacter sakazakii.
Penelitian dari 42 sampel yang diuji pada tahun 2009 menunjukkan, tak satu pun sampel susu tersebut mengandung bakteri penyebab penyakit meningitis ini.
"Setelah penelitian dilakukan tahun 2006, penelitian dilakukan kembali pada tahun 2009 terhadap beberapa susu formula yang dahulu positif. Sebanyak 42 sampel diambil, dan semua sampel yang diuji bebas dari Enterobacter sakazakii," katanya di depan anggota Komisi IX DPR, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kustiantinah dalam rapat kerja DPR serta pemerintah, Kamis (17/2/2011).
Wayan mengatakan, dalam penelitian sebelumnya, peneliti Institut Pertanian Bogor  (IPB) hanya menggunakan 22 sampel susu. Saat itu bakteri tersebut memang ditemukan. Namun Wayan mengingatkan, ke-22 sampel dalam penelitian tidak berarti sama dengan 22 merek susu.
Hasilnya pun sudah dicek ulang oleh sejumlah peneliti dari Jerman. Oleh karena itu, dia menilai penyebarluasan informasi atas penelitian tahun 2006 ini kurang tepat.
IPB sejak 2006 memang tak bisa mengumumkan merek susu bubuk formula yang dipakai dalam penelitian karena terikat kode etik penelitian. Namun, IPB segera menyampaikan temuan tersebut kepada produsen susu yang bersangkutan dan mempresentasikannya di depan para produsen.
IPB juga segera berkoordinasi dengan Badan POM terkait dengan publikasi penelitian tersebut.
Editor: Asep Candra   

Taman Kota Diusulkan dalam Musrenbang


BUMIAYU - Pembangunan taman kota Bumiayu sebagai fasilitas ruang pubik bagi warga diusulkan dalam kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan di Bumiayu yang digelar Kamis (17/2) kemarin.
Pembangunan taman kota dipandang perlu selain sebagai fasilitas terbuka bagi warga, juga berfungsi sebagai paru-paru kota, sekaligus sebagai pengendali iklim mikro, konservasi tanah dan air.
"Terlebih dengan tingkat mobilitas warga Kecamatan Bumiayu yang semakin meningkat saat ini, sehingga taman kota dapat dijadikan sebagai penyeimbang kegiatan sosial masyarakat," ungkap Yani, peserta Musrenbang.
Menurut Yani, taman kota yang dimaksud adalah tersediannya lahan yang teduh, sejuk dan nyaman. Sehingga warga dapat memanfaatkan sebagai sarana berjalan kaki setiap pagi, olahraga dan tempat anak-anak bermain dan belajar. Bahkan dari ramainya pengunjung tidak menutup kemungkinan banyak penjual jajanan untuk menyediakan makanan.
"Lokasi yang dipandang ideal untuk dijadikan sebagai taman kota yakni Pasar Kalierang, yang berada di pertigaan jalan KH Ahmad Dahlan. Lokasi tersebt dipandang cocok sebagai taman kota karena berada di pusat kegiatan warga," kata Yani.
Dikatakan Yani, sebelumnya lokasi tersebut merupakan kompleks Kantor Pengairan yang sudah mirip dengan taman kota. Hanya saja tahun 2001 lalu, Pemkab membangun bekas kantor tersebut menjadi pasar. Langkah itu dilakukan Pemkab sebagai upaya mengakomodir para pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang trotoar jalan utama Bumiayu saat itu.
"Tapi yang berkembang sekarang ini para pedagang yang memiliki kios di dalam pasar kembali berjualan di luar, padahal di dalam pasar kios banyak yang kosong," sambugnya.
Menyikapi usulan tersebut, Camat Bumiayu Eko Purwanto BA SIp mengatakan, wacana pembangunan taman kota sudah cukup lama mengemuka di tengah warga masyarakat. Namun pihaknya belum mendapat usulan resmi terkait pembangunan tersebut.
"Wacananya sudah ada tapi belum secara resmi diajukan, karenanya melalui kegiatan Musrenbang ini diharapkan usulan tersebut dapat terakomodir," terang Eko.
Hadir dalam kegiatan Musrenbang yang diadakan di aula Kantor Kecamatan Bumiayu di antaranya Wakil Ketua DPRD drh HM Agus Sutrisno, serta sejumlah anggota dewan seperti H Iskak, H Sururul Fuad Lc, H Suprapto, H Imam Sairi, Ahmad Jazuli  dan Tri Murdiningsih. Selain itu kegiatan juga diikuti oleh sejumlah pejabat lintas dinas di Kecamatan Bumiayu, para kepala desa dan Bappeda Kabupaten Brebes. (pri)

Hi hi hi hiii....