Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Kamis, 02 Juni 2011

Di Kabupaten Brebes Masih Kekurangan Tenaga PLKB


Ditulis oleh Administrator   
Tuesday, 31 May 2011
BREBES - Kesuksesan program KB di Kabupaten Brebes masih terkendala minimnya tenaga PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana). Pasalnya, dari 292 desa dan 5 kelurahan yang ada, baru ditangani 106 tenaga PLKB ditambah 16 Kepala UPTD KB. Akibatnya, rasio keterjangkauan kinerja PLKB belum ideal.
"Kabupaten Brebes mempunyai wilayah terluas kedua di Jawa Tengah, tapi jumlah tenaga PLKB kita belum ideal dengan kebutuhan warga. Kira-kira satu tenaga PLKB harus menangani 5 desa. Padahal, idealnya 1 petugas PL KB mempunyai wilayah garapan 2 desa,” ungkap Plt Sekda Kabupaten Brebes Ir Heru Pratisto saat Lokakarya Penigkatan Kualitas SDM PLKB Se-eks Kresidenan Pekalongan di Pendopo Brebes, Selasa (31/5).
Namun demikian, pihaknya mengharapkan agar program menekan ledakan penduduk di Kabupaten Brebes tetap berjalan. Dengan rata-rata laju pertumbuhan penduduk mencapai 0,22 persen dan sex ratio mencapai 101,34 persen, tenaga PLKB diharap tidak hanya menguasai materi teknis tentang keluarga berencana dan dinamikanya, tetapi juga mampu menjadi penyuluh sahabat sekaligus tempat mencari solusi bagi masyarakat seputar keluarga kecil bahagia dan sejahtera.
Sestama BKKBN Dr Sudibyo Alimuso MA menyatakan, pihaknya akan mendukung penuh program KB termmasuk dengan jumlah tenaga PLKB. Namun yang berhak mengusulkan formasi itu adalah daerah-daerah yang bersangkutan. "Tolong kepala daerahnya mengusulkan dalam formasi, karena itu kewenangannya. Nanti kita yang tindaklanjuti dengan pembinaan SDM-nya," tandasnya.
Selain itu, pihaknya juga akan mengupayakan DAK untuk mesukseskan program KB, termasuk dengan memberikan fasilitas penunjang kinerja PLKB. "Upaya yang perlu dibenahi saya rasa juga tentang pelayanan KB, terkait sarana prasarana dan kesiapan masyarakat untuk mengimbangi program Jampersal," tutur Sudibyo.
Hadir dalam kesempatan itu, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Dra Sri Murtiningsih, Kepala BPPKB Brebes Emastoni Ezam, pejabat terkait serta ratusan tenaga PLKB se wilayah Eks-Krasidenan Pekalongan. Untuk menyemarakkan lokakarya, digelar pula penampilan senam semarak KB yang diperagakan oleh PLKB Kabupaten Brebes, lomba mars IPeKB, dan bazaar aneka produk unggulan Kabupaten Brebes dan sosialisasi website IPeKB Jawa Tengah. (ism).Radar Tegal.

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....