Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Selasa, 08 Februari 2011

Jengkol (makanan paling enak namun tidak sedap baunya)

Bulat gepeng, kulit tipis kecoklatan dan berbau. Inilah gambaran yang bisa mendeskripsikan jengkol. Jenis buah polong-polongan yang mungkin tidak dimasukan dalam daftar nama sayur, karena keberadaannya kadang diacuhkan karena berbau. Sebab hanya kalangan tertentu yang mengkonsumsi jengkol sebagai bahan lauk untuk dimakan. Alasannya simple saja jika ditanyakan kenapa tidak suka jengkol? Dengan spontan orang akan menjawab karena ‘bau’, tidak hanya bau napas saja yang akan menggangu, tapi hasil pembuangan akhir pada air seni pun akan bau, jadi menimbulkan polusi udara yang amat sangat mengganggu penciuman, apalagi bagi mereka yang tidak ikut mengkonsumsinya.
Bahwa jengkol menghasilkan aroma yang luar biasa, sudah bukan barang baru lagi. Tetapi ternyata mudharat jengkol tidak berhenti pada sebatas bau saja. Kandungan asam jengkolatnya juga berpeluang menyebabkan penyumbatan saluran air seni. Peringatan bagi para penggemar jengkol.
Dalam satu banyolan, orang menanyakan bagaimana caranya menghilangkan bau mulut sehabis makan pete. Bukan dengan gosok gigi, atau penyegar mulut, tetapi dengan makan jengkol. Alasannya, bau pete akan hilang, kalah oleh bau jengkol. Itu sekedar gambaran, bagaimana bau jengkol yang sangat tajam, bahkan mampu mengalahkan pete yang sudah bau.
Tetapi di kalangan masyarakat, khususnya orang sunda, jengkol merupakan makanan populer yang banyak penggemarnya. Saya sendiri heran, dari segi apa mereka menyukai makanan yang satu ini. Kebetulan memang saya kurang suka jengkol. Tetapi bagi yang suka, konon, jengkol itu nikmat. Ditambah dengan aromanya yang khas, jengkol dianggap mampu mendatangkan selera makan, sehingga makan tanpa jengjol ibarat saur tak bergaram.
Bau itu tidak hanya berhenti di mulut saja. Beberapa saat setelah makan, maka air seninya juga akan mencerminkan aroma jengkol, bahkan lebih gawat lagi. Maka di daerah perkampungan yang rakyatnya sangat gemar makan jengkol akan mudah dikenali dari bau selokannya. Bau selokan dari penggemar jengkol itu sangat tajam dan khas, menusuk hidung dan rasanya tidak enak.
Penyebab bau itu sebenarnya adalah asam-asam amino yang terkandung di dalam biji jengkol. Asam amino itu didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur Sulfur (S). Ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau, karena pengaruh sulfur tersebut. SAlah satu gas yang terbentuk dengan unsur itu adalah gas H2S yang terkenal sangat bau.
namun tentunya jengkol dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan dengan bentuk dan varian yang berbeda beda diantaranya jengkol bisa diolah menjadi:
1.semur jengkol
2.goreng jengkol
3.sambal goreng jengkol
4.sambal kecap jengkol
5pepes jengkol dan masih banyak lagi
namun kembali kepada diri anda masing masing,,apakah anda mau menyatap jenis kuliner yang jelas- jelas dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap ini?

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....