Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Sabtu, 16 Oktober 2010

Dari Peringatan Hari Cuci Tangan dengan Sabun se-Dunia

Ditulis oleh Administrator
Friday, 15 October 2010
Peringatan Hari Cuci Tangan dengan Sabun se-Dunia (Global Hand Washing Day) kemarin (15/10) diikuti oleh ribuan siswa yang berasal dari 10 sekolah dasar (SD) dari empat kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan. Seperti apa jalannya kegiatan tersebut?

LAPORAN: TEGUH S.

KEGIATAN yang keduakalinya diperingati tersebut mendapat sambutan baik dari dari para siswa maupun guru. Di SD Kalierang 02 Bumiayu, sedikitnya 300 siswa sejak pagi telah bersiap mengikuti jalannya rangkaian kegiatan yang digelar secara serempak di sejumlah wilayah.

Selain mencuci tangan, kegiatan lain yang turut dilaksanakan adalah lomba menggambar bertema ’’Kapan Mencuci Tangan dengan Sabun?’’.

Untuk lebih mendukung jalannya peringatan ini, sebuah bak penampung air berukuran besar telah disiapkan dilengkapi dengan pipa paralon untuk menyalurkan air yang akan digunakan para siswa bercuci tangan dilengkapi dengan sabun.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Departemen Kesehatan RI, Kementrian Pemberdayaan Perempuan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), PKK Pusat ini untuk wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan didukung oleh Radio Citra Amalia Bumiayu dan Lifebuoy.

Budi Susiana selaku koordinator kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan dengan Sabun se-Dunia (HCTPSS) di wilayah Brebes bagian selatan mengatakan, penyelenggaraan HCTPSS sangat penting sebagai upaya meningkatkan kesadaran pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat.

Minimnya pemahaman tersebut, menurut dia, mengakibatkan masih tingginya tingkat kematian dan kesakitan akibat penyakit-penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi, perilaku hidup bersih dan sehat, serta rendahnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun.

’’Dengan dimulainya kegiatan HCTPSS di sekolah-sekolah hari ini (kemarin, Red), diharapkan akan membudaya di masing-masing keluarga. Langkah ini dipandang sederhana, namun sangat efektif dan dapat mencegah penyakit-penyakit yang mengancam setiap anggota keluarga," jelas Budi yang juga selaku direktur Radio Citra Amalia Bumiayu.

Sementara, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Bumiayu Zaini mengatakan, dengan melalui kegiatan tersebut diharapkan akan tertanam sejak dini pola hidup bersih dan sehat pada jiwa anak-anak.

’’Sehinga nantinya mereka akan terbiasa untuk memelihara kebersihan," ungkapnya. Selain mencuci tangan dengan sabun, kegiatan lain yang juga dilaksanakan adalah lomba menggambar. Untuk kegiatan tersebut akan dipilih juara I, II, dan III. Untuk juara I mendapatkan sebuah paket bingkisan dari Lifebuoy, sedangkan juara II dan III mendapat paket bingkisan dari Radio Citra Amalia Bumiayu. (*)http://www.radartegal.com

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....