Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Kamis, 07 Juli 2011

Mana Lebih Bahaya, Selingkuh Emosi atau Seks?

Benarkah perselingkuhan secara emosional lebih menyakitkan dibandingkan selingkuh fisik?

Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Ilustrasi pria selingkuh (inmagine)
VIVAnews - Perselingkuhan seringkali baru ketahuan dan dianggap sebagai suatu pengkhianatan jika sudah melibatkan fisik. Padahal perselingkuhan yang melibatkan emosi sama-sama bisa menghancurkan sebuah hubungan pernikahan. 

Bahkan, ketika tidak adanya keintiman fisik, keterlibatan emosional dan psikologi dengan orang lain secara konstan  dapat 'mematikan' komitmen, kepuasan dan kedekatan dengan pasangan secara bersamaan.

"Ketika keintiman emosi dengan orang lain makin berkembang, maka Anda dan pasangan tidak akan lagi merasa terhubung secara emosi satu sama lain. Fokus dan energi yang biasanya ditujukan pada pasangan telah pindah ke orang lain. Perselingkuhan secara emosi bisa mematikan hubungan secara cepat," kata Lauren Mackler, terapis hubungan dan penulis buku "Solemate: Master the Art of Aloneness & Tranform Your life", seperti dikutip dari NY Daily News.

Perselingkuhan emosional dapat dimulai dengan komunikasi yang cukup seperti pertemanan. Lalu berlanjut pada hubungan yang intensif hingga berujung pada hubungan yang melibatkan perasaan. Hal ini sebenarnya sudah menjadi bentuk perselingkuhan. 

"Seringkali seseorang yang berselingkuh secara emosi tidak menyadarinya. Sehingga, makin lama hubungan tersebut makin kuat dan mereka saling menyesuaikan satu sama lain," kata Dr. James Wadley, pakar pernikahan dan terapis seksual.

Lalu, apa tanda-tanda jika hubungan pertemanan sudah berkembang dan menuju arah perselingkuhan secara emosi? Ketika seseorang memikirkan orang lain, mengirimkan pesan baik melalui sms, email atau chatting secara terus menerus. Terutama jika seseorang mulai sering berbohong pada pasangannya.

"Ketika seseorang mengatakan pada pasangannya harus pulang malam karena pekerjaan, tapi dia ternyata menghabiskan waktu dengan orang lain, itu adalah sinyal paling nyata adanya sebuah pengkhianatan secara emosi," kata Mackler.
Baca juga: 12 Pria Ini Kepergok Selingkuh
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....