Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Selasa, 22 Februari 2011

Langkah Tepat Wujudkan Kehamilan


Penulis : Yulia Permata Sari
Langkah Tepat Wujudkan Kehamilan mirror.co.uk
 
JANGAN buru-buru panik jika Anda dan suami belum juga dikarunia momongan. Sebab, stres justru bisa kian memperkecil kemungkinan perempuan untuk dapat hamil.

Sebaliknya, coba sejumlah langkah berikut ini untuk meningkatkan kesuburan sebelum kembali beraksi di atas tempat tidur, seperti dikutip situs rd.com:

Diet kesuburan
Makanan yang Anda santap memiliki pengaruh besar terhadap seberapa mudah Anda untuk hamil. Mengonsumsi banyak karbohidrat olahan seperti tepung putih, gula, dan soda mengurangi peluang Anda untuk segera mendapatkan momongan. Sementara itu, memakan biji-bijian utuh, sayuran, dan kacang bisa menimbulkan efek sebaliknya.

Sejumlah makanan lain yang menurut studi ditemukan mengurangi kesuburan termasuk lemak trans (dalam margarin, kentang goreng, dan donat), daging, dan produk susu skim atau rendah lemak. Lebih baik pilih kacang, biji-bijian, susu penuh lemak sebagai gantinya.

Rileks
Sejumlah studi menemukan bahwa perempuan yang mengalami stres personal atau terkait fertilitas, cenderung sulit untuk hamil atau menjaga kehamilan sampai waktu melahirkan. Selain itu, mereka juga membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil dibandingkan mereka yang lebih tenang.

Jadi, luangkan waktu setiap hari untuk bersantai. Misalnya dengan mempraktikkan yoga, meditasi, mencoba akupunktur, atau memilih kegiatan lain yang memicu ketenangan ala Zen.

Tetap fit
Kelebihan lemak tubuh dapat mengakibatkan kelebihan produksi hormon tertentu yang memengaruhi ovulasi. Menjaga berat badan seimbang membantu Anda menormalkan kadar hormon dalam tubuh.

Tapi, berhati-hatilah supaya tidak terobsesi dengan olahraga. Sebab, terlalu banyak aktivitas berat juga dapat mengurangi kesuburan.

Kurangi kafein
Perempuan yang mengonsumsi jumlah kafein yang ditemukan dalam dua cangkir kopi, dua kali lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan mereka yang tidak meminum kafein, menurut sebuah studi baru-baru ini.

Akan lebih baik jika Anda berhenti mengonsumsi kafein sama sekali. Jika tidak bisa, cobalah mengurangi asupan kafein maksimal segelas kecil sehari.

Hindari pelumas
Pasangan yang berniat mendapatkan momongan biasanya meningkatkan frekuensi berhubungan seks. Mereka juga kerap menggunakan pelumas untuk mengurangi rasa sakit ketika berhubungan intim. Tapi, sejumlah pelumas tertentu dapat merusak sperma.

Pelumas berbasis air seperti Astroglide dan KY Jelly dapat menghambat motilitas sperma sekitar 60-100 persen dalam waktu 60 menit. Sebaliknya, minyak canola tidak memiliki efek yang sama.

Kurangi alkohol
Minum-minum dalam jumlah wajar saja sudah bisa mengurangi kesempatan Anda untuk hamil. Sebuah penelitian belum lama ini menemukan bahwa perempuan yang minum untuk bersosialisasi, mengonsumsi satu sampai lima gelas minuman perminggu, berada pada risiko lebih besar terhadap penurunan kesuburan dibandingkan perempuan yang tidak minum sama sekali. Salah satu alasannya adalah karena alkohol mengganggu keseimbangan hormon dari sistem reproduksi.

Berhenti merokok
Menghisap rokok bisa merusak kesuburan lelaki dan perempuan. Para peneliti di Portugal menemukan bahwa asap rokok dapat mengganggu kesiapan uterus akan telur. Sementara pada lelaki, merokok mengurangi produksi sperma dan merusak DNA. (LI/OL-06)
mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....