Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Rabu, 06 Oktober 2010

JALAN LINGKAR DESA DIUSULKAN

Ditulis oleh Administrator
Tuesday, 05 October 2010
BANTARKAWUNG - Pengembangan desa melalui pengembangan sara infrastuktur berupa fasilitas jalan, saat ini tengah menjadi prioritas utama bagi penyelenggara Pemerintaha Desa Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes.

Salah satu konsep yang menjadi gagasan yang diajukan dalam setiap kegiatan pertemuan -baik rapat desa, maupun rapat Badan Perwakilan Desa (BPD)- yakni, pembangunan jalan lingkar desa yang juga dapat dijadikan sebagai jalan alternatif Bumiayu-Salem.

’’Jalan utama Bumiayu-Salem yang melintasi wilayah Desa Bantarkawung merupakan daerah rawan terjadi banjir jika aliran Sungai Pemali meluap. Akibatnya, tidak jarang kendaraan tidak dapat lagi melanjutkan perjalannya," jelas Kepala Desa (Kades) Bantarkawung Kasdi.

Dikatakan dia, kondisi jalan yang rawan tergenang banjir yakni selepas tikungan Dukuh Gempol hingga depan kantor Kecamatan Bantarkawung sepanjang lebih kurang 500 meter.

Penanganan yang saat ini tengah diupayakan pemerintahan desa, yaitu dengan membangun jalan lingkar Desa Bantarkawung.

’’Jalan lingkar itu direncanakan melintasi bagian selatan Dukuh Gempol, kemudian ke arah barat melalui SD 04 Bantarkawung, dan keluar di samping Lapangan Garuda di Bantarkawung sepanjang 1,5 kilomater," paparnya.

Melalui jalan lingkar tersebut diharapkan dapat terjadi pengembangan wilayah Desa Bantarkawung dengan meningkatnya aktivitas warga setelah dibangunnya jalan. Selain itu, jalan tersebut juga dapat dijadikan sebagai jalur alternatif jika di jalan utama terjadi hambatan lalulintas.

’’Banyak sekali manfaat yang didapat dengan pembangunan jalan tersebut. Hanya saja, saat ini kami kesulitan untuk melakukan pembebasan lahan. Padahal warga di sini telah menyatakan, kesiapan mereka melalui keswadayaan tenaga pembangunan jalan," ungkap Kasdi.

Upaya yang telah dilaksanakan pemerintah desa untuk meluluskan rencana pembangunan tersebut yakni dengan membahasnya dalam pertemuan musyawarah desa, serta mengajukan sebagai salah satu kegiatan dalam Program PNPM Mandiri.

’’Hanya saja, anggaran yang ada tidak dapat mencukupinya. Untuk itu kami berharap pemkab dapat membantu terlaksananya upaya pengmbangan desa melalui pengadaan sarana infrastuktur jalan ini," ujar Kasdi. (pri)

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....