Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Jumat, 08 Oktober 2010

Empat Kecamatan Alami Penurunan Pertumbuhan Penduduk

Ditulis oleh Admini
Thursday, 07 October 2010
BREBES – Pelaksanan Sensus Penduduk (SP) 2010 yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Brebes menunjukkan, pertumbuhan penduduk tercatat mengalami kenaikan 0,22 persen per tahun.
Angka kenaikan itu dari 1. 695.093 jiwa sesuai hasil SP 2000. Sehingga pada 2010 jumlah penduduk di Kabupaten Brebes sebanyak 1.732.719 jiwa atau dari 10.000 penduduk bertambah 22 jiwa. Kepala BPS Kabupaten Brebes Gunawan SE mengatakan, dari 1.732.719 jiwa, jumlah laki-laki sebanyak 872.135 jiwa dan perempuan 860.584 jiwa. Sedangkan sex ratio atau ratio penduduk laki-laki terhadap perempuan sebanyak 101,33 persen.
KURANG MENARIK
Lebih lanjut dijelaskannya, meski terjadi pertumbuhan penduduk, namun dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes 4 di antaranya mengalami penurunan laju pertumbuhan, yakni Kecamatan Bantarkawung 0,44 persen, Bumiayu 0,11 persen, Tonjong 0,36 persen, dan Songgom 0,75 persen.
’’Hal ini dikarenakan perpindahan penduduk Brebes ke luar kota atau luar negeri cukup tinggi di daerah tersebut. Perpindahan tersebut untuk bekerja, seperti TKI dan TKW, dan mayoritas adalah penduduk usia produktif,” jelasnya kepada Radar Kamis (7/10).
Dengan banyaknya perpindahan ini, lanjutnya, berarti Brebes dipandang kurang menarik untuk aktivitas ekonomi atau untuk mencari nafkah. Ini sebagai indikasi kalau lapangan pekerjaan di Brebes tidak seimbang dengan penambahan jumlah penduduk. Meski demikian, menurut dia, bukan berarti perpindahan atau migrasi penduduk usia produktif ini untuk bekerja. Tetapi ada juga yang sekolah di luar Brebes.
Dijelaskannya, kondisi ini setelah BPS melaksanakan SP dengan menggunakan sistem by name by address. Secara defacto kalau saat pencatatan ini tidak ada atau tidak tinggal di wilayah ini saat didata, maka sudah bukan penduduk sini. Sehingga laju pertumbuhan penduduk terlihat lambat. ’’Dengan adanya hasil Sensus Penduduk 2010 di Kabupaten Brebes ini, diharapkan dapat digunakan oleh pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan, terutama dalam hal sosial,” imbuhnya. (cw3)sumber:Radar Tegal.

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....