Selamat datang di "CINGSINGSEHAT.COM"

coba

RADIO MPU KANWA || BERANDA || PPNI || BELANJA DI GANJAR || UU KEPERAWATAN 

RIAS PENGANTIN DAN STUDIO FOTO

SEHAT UNTUK SEMUA

Anda Pengunjung Ke

Rabu, 19 Oktober 2011

Kambing Jawa Naik Pamor untuk Kurban


BUMIAYU- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriyah tahun ini, aktifitas jual beli hewan ternak khususnya jenis kambing di Pasar Hewan Bumiayu semakin ramai saja. Ramainya pasar  hanya pada pasaran Wage saja, yang digelar setiap lima hari sekali.

Kambing sebagai salah satu hewan qurban saat ini paling banyak diminati oleh warga, meski begitu saat ini warga lebih  memilih kambing jenis Jawa selain jenis domba. Kecenderungan warga untuk memilih Kambing jenis Jawa tersebut dibenarkan Junaidi (43), salah seorang pedagang warga Dukuh Kauman, Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu.

"Dari dua jenis kambing yaitu Kambing gibas dan Kambing Jawa, saat ini yang paling banyak diminati adalah jenis Jawa. Secara pasti saya sendiri tidak tahu mengapa hal tersebut terjadi. Namun mungkin ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa rasa dan kualitas daging kambing jenis Jawa lebih baik," katanya, Selasa (18/10).

Meski peringatakan Idul Adha masih tiga minggu kedepan, belum terjadi kenaikan harga yang mencolok dari minggu sebelumnya. Di mana untuk jenis kambing gembel dijual seharga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. kondisi yang sama juga terjadi pada harga kambing jenis Jawa yang dijual mulai Rp 2,2 juta hingga Rp 2,5 juta.

"Perbedaan harga setiap kelas dinilai berdasarkan krakas (berat kotor), untuk kelas A seberat 50-60 Kg, kelas B 30-40 Kg dan kelas C 25-30 Kg," terang pedagang asal Cilibur, Kecamatan Paguyangan ini.

Sedangkan untuk hewan kurban jenis sapi hingga kemarin harga yang ditawarkan yakni Rp 7 juta untuk jenis sapi merah dengan berat daging sekitar 90 kilogram. Sedangkan untuk jenis sapi putih seberat lebih dari 1 kuintal ditawarkan dengan harga Rp 10 juta. "Kodisi harga hewan kurban ini akan naik seiring dengan semakin dekatnya Idul Adha mendatang," kata Muhtarom, pedagang lainnya.(pri). Radar Tegal.

Tidak ada komentar:

Hi hi hi hiii....